Berapa sih Gaji Menteri setiap bulannya?

by

Presiden Indonesia Jokowi baru saja melantik susunan anggota kabinet baru. Presiden Jokowi melantik dua menteri, serta tiga wakil menteri untuk sisa masa jabatan pemerintah hingga 2024 mendatang. Dari beberapa menteri dan wakil menteri yang telah dilantik oleh Presiden Jokowi pekan lalu hampir semuanya berasal dari partai politik. Kecuali, Hadi Tjahjanto yang menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang yang merupakan mantan Panglima TNI. Siapa sih yang tidak pnasaran dengan gaji pokok menteri, mari simak dibawah ini.

Hingga kini ada 18 menteri yang berlatar belakang partai politik yang sama di kabinet Presiden Jokowi. Namun, hal tersebut merupakan suatu hal yang sudah biasa. Posisi menteri merupakan posisi yang emang cukup strategis dan tidak sekedar jabatan publik. Menjadi seorang menteri tentu saja bisa menjadi awalan dan kesempatan untuk membuka peluang besar di masa yang akan datang.  

Daftar Gaji Menteri di Indonesia 2022

Gaji serta tunjangan bagi jajaran menteri telah diatur dalam Peraturan Pemerintah 75/2000 yang di dalamnya menjelaskan tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara serta Anggota Lembaga Tinggi Negara dan Uang Kehormatan bagi Anggota Lembaga Tertinggi Negara. Adapun tunjangan bagi menteri Indonesia juga telah diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) 68/2001.

Dalam Keppres 68/2001 dijelaskan bahwa aturan tunjangan akan diberikan bagi pejabat negara tertentu seperti Panglima TNI, Jaksa Agung, hingga pejabat lain yang kedudukannya disetarakan dengan menteri negara. Selain itu, menteri negara saat ini memiliki gaji pokok sebesar Rp 5.040.000 setiap bulannya, hal tersebut belum termasuk dengan tunjangan. Adapun dengan tunjangan jabatannya sebesar Rp 13.608.000 setia bulannya. Namun, hal tersebut belum termasuk juga tunjangan yang lainnya maupun dana operasional yang diperoleh menteri negara.

Baca Juga :   Bisa Jumpshot 619, Free Fire Hadirkan Kolaborasi dengan Promotor Gulat AAA!

Perlu kalian ingat, bahwa tunjangan operasional yang diperoleh oleh menteri negara hanya dapat dipergunakan untuk membiayai kegiatan menteri dan bukan untuk kepentingan pribadi. Meskipun demikian, biasanya lebih besar dari gaji dan tunjangan, hal tersebut tidak masuk dalam komponen take home pay.

Selain mendapatkan gaji pokok dan tunjangan setiap bulannya, para menteri negara juga mendapatkan fasilitas yang sama seperti pejabat-pejabat yang lainnya seperti diberikan fasilitas berupa rumah dan mobil dinas. Selain itu juga, gaji pokok seorang menteri yang saat ini berlaku sudah dikeluarkan oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Artinya sejak 20 tahun yang lalu, gaji menteri negara tidak pernah mengalami kenaikan dari zamannya presiden-presiden sebelumnya.

Seorang menteri memiliki tugas dan kewajibannya masing-masing sesuai dengan jabatannya. Tugas menteri ialah membantu Presiden negara untuk mengurus negara dan rakyatnya.

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji menteri negara, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari info tentang gaji dan tunjangan menteri negara. Terima kasih!

No More Posts Available.

No more pages to load.