Hari Lingkungan Sedunia dengan “Eartheart” oleh PT ITJ

by
Eartheart

greenhill-ciwidey.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Sedunia yang jatuh pada Selasa (4/6/2024), PT Integrasi Transit Jakarta (PT ITJ) menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertajuk “Eartheart”. Inisiatif ini menggabungkan konsep bumi (earth) dan hati (heart). Ini mencerminkan keterkaitan erat antara alam semesta dan manusia serta pentingnya menjaga harmoni dan keseimbangan di antara keduanya. Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya PT ITJ untuk memperkuat tema Green Creative Hub di kawasan transit oriented development (TOD) Blok M – Sisingamangaraja. Ferdiansyah Roestam, Direktur Utama PT ITJ, menyatakan harapannya agar momentum ini bisa meningkatkan rasa cinta dan kepedulian masyarakat. Untuk memulai langkah-langkah kecil demi kelestarian lingkungan.

” Baca Juga: Penahanan dan Kondisi Psikis Briptu FN “

Kolaborasi Seni dan Daur Ulang Plastik

Eartheart, yang berlangsung dari Kamis (6/6/2024) hingga Selasa (25/6/2024), melibatkan kolaborasi dengan Tactic Plastic, kelompok seni multidisiplin dari Yogyakarta. Mereka menghadirkan instalasi seni berjudul ‘Tanah Antah Berantah’ yang dibuat dengan teknik ‘menjahit plastik’. Sebuah metode yang menggambarkan kondisi alam saat ini yang terganggu oleh sampah plastik. Selain itu, PT ITJ juga bekerja sama dengan beberapa organisasi lain seperti Plasticpay, Plastic Reborn, Plastic Smart Cities, dan SayaPilihBumi. Plasticpay adalah gerakan sosial berbasis platform digital yang mengajak masyarakat memanfaatkan plastik untuk kebaikan. Melalui kolaborasi ini, sampah plastik yang terkumpul dapat ditukarkan menjadi Plasticpay Poin dan didaur ulang menjadi berbagai produk ramah lingkungan seperti serat eco-friendly dan kain daur ulang untuk bantal, boneka, dan furnitur.

Inisiatif Lingkungan dan Ekonomi Sirkular

Plastic Reborn, yang diinisiasi oleh Anchora Foundation, berfokus pada pelestarian lingkungan melalui ekonomi sirkular di Indonesia. Hingga tahun 2024, Plastic Reborn telah berhasil mendaur ulang 65 juta botol plastik polyethylene terephthalate (PET) pasca-konsumsi dari tempat pembuangan. Sementara itu, program Plastic Smart Cities yang diluncurkan oleh WWF Indonesia bertujuan menghentikan pencemaran sampah plastik di alam pada tahun 2030. Program ini telah diterapkan di beberapa kota, termasuk DKI Jakarta, Kota Depok, dan Kota Bogor. Kolaborasi lainnya dengan SayaPilihBumi bertema ‘Eartheart x SayaPilihBumi: Circular City Clean’ berfokus pada kegiatan gotong royong membersihkan kawasan TOD.

Baca Juga :   Pria Gantung Diri di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan

” Baca Juga: Laporan Pemerasan Rp 300 Juta Terhadap Ria Ricis “

Mengundang Partisipasi dan Merayakan Ulang Tahun Jakarta

Ferdiansyah Roestam juga mengajak seluruh masyarakat, komunitas, dan lembaga untuk berpartisipasi dalam acara ini. Momentum ini tidak hanya mendukung pariwisata Kota Jakarta. Tetapi juga menjadi bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun ke-497 Jakarta yang jatuh pada 22 Juni 2024. Eartheart terbuka untuk umum dan akan menghadirkan sesi diskusi dengan Ramon Y Tungka, editor SayaPilihBumi. Serta Rheza Maulana, peneliti dan aktivis lingkungan, guna berbagi aksi cinta lingkungan demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

No More Posts Available.

No more pages to load.