Mengenal Canadian Dollar atau Mata Uang Kanada

by
Canadian Dollar

greenhill-ciwidey.co.id – Mata uang resmi Kanada dikenal sebagai dollar, dengan kode internasional CAD (Canadian Dollar). Secara lokal, mata uang ini sering disebut “loonie”. Satu dollar Kanada terdiri dari 100 sen dan biasanya ditulis dengan simbol C$ untuk membedakannya dari mata uang dollar negara lainnya, seperti dolar AS. Saat ini, nilai tukar satu dollar Kanada setara dengan sekitar Rp 11.800 atau 0,73 dollar AS. Meskipun nilai tukarnya lebih rendah dari dolar AS, dollar Kanada relatif stabil terhadap mata uang Amerika.

” Baca Juga: Pendiri Binance Diberi Hukuman atas Tuduhan Pencucian Uang “

Stabilitas Mata Uang Kanada

Dollar Kanada dikenal karena stabilitasnya, bahkan dalam kondisi ekonomi yang buruk pun. Nilai tukarnya jarang sekali turun di bawah 65 sen dollar Amerika, menunjukkan keandalannya sebagai mata uang yang kuat dan stabil. Mata uang ini digunakan oleh banyak bank sentral di seluruh dunia sebagai cadangan devisanya.

Sejarah dan Penggunaan Mata Uang Kanada

Mata uang Kanada telah ada sejak tahun 1858 ketika Kanada masih merupakan koloni Inggris, menggantikan pound Kanada. Pada awalnya, nilai dollar Kanada ditetapkan terhadap dolar AS, namun kemudian diizinkan mengambang bebas. Pada tahun 1871, Undang-Undang Mata Uang Seragam menggantikan berbagai mata uang yang berbeda di negara bagian Kanada. Sejak saat itu, mata uang Kanada telah berpindah-pindah antara dipatok terhadap dolar AS dan dibiarkan mengambang bebas. Pada tahun 1950, nilai tukarnya pertama kali dibiarkan mengambang, kemudian dipatok kembali ke dolar AS dari tahun 1962 hingga 1970, dan sejak itu dibiarkan mengambang.

Baca Juga :   Denpasar: Kota Ramah Perempuan dan Anak yang Berkomitmen

Produksi dan Sirkulasi Mata Uang Kanada

Dollar Kanada dicetak di Royal Canadian Mint di Winnipeg, Manitoba. Sementara itu, distribusi uang kertas ke bank di Kanada merupakan tanggung jawab Bank of Canada. Koin Kanada biasanya memiliki gambar raja atau ratu Inggris di satu sisi. Produksi uang kertas bernilai C$ 1 dihentikan pada tahun 1989 ketika “loonie” (uang logam bernilai 1 dollar) diperkenalkan. Begitu pula dengan uang kertas C$ 2, dihentikan pada tahun 1996 dengan diperkenalkannya “toonie” (uang logam bernilai 2 dollar) yang menampilkan gambar beruang Kutub Utara.

” Baca Juga: Menjelajahi Kekayaan Alam dan Budaya Indonesia “

Peran Ekonomi dan Kebijakan Moneter

Kanada, sebagai negara dengan perekonomian terbesar kesepuluh di dunia, memiliki kebijakan moneter yang independen. Stabilitas dan sejarahnya yang panjang membuat dollar Kanada menjadi salah satu mata uang paling stabil di dunia, diakui oleh banyak negara dan digunakan sebagai cadangan devisa.

No More Posts Available.

No more pages to load.