Bencana Tornado Melanda Di Willayah Great Plains

by
Great Plains

greenhill-ciwidey.co.id – Wilayah Great Plains, terutama bagian Oklahoma dan negara bagian sekitarnya, mengalami bencana besar akibat serentetan tornado yang melanda. Akibatnya, lima orang dilaporkan meninggal dunia dan ribuan lainnya terkena dampak langsung dari kejadian tersebut.

” Baca Juga: Memori Manis di Derby London Utara “

Gelombang Tornado yang Mengerikan

Menurut laporan dari National Weather Service (NWS), terjadi 78 tornado pada Jumat (26/4), kebanyakan di Nebraska dan Iowa. Namun, cuaca yang memburuk pada Sabtu (28/4) menyebabkan terjadinya 35 tornado tambahan, yang menerjang dari Texas utara hingga Oklahoma dan Missouri. Kejadian ini mengakibatkan kerugian besar di sejumlah kota, terutama Sulphur, Oklahoma, yang menjadi salah satu yang paling terkena dampak.

Kerusakan Parah di Kota Sulphur

Sulphur, sebuah kota di Oklahoma tengah-selatan, mengalami dampak yang paling parah dari badai tornado. Video yang viral di media sosial menunjukkan kehancuran yang meluas, dengan bangunan-bangunan hancur dan reruntuhan berserakan di mana-mana. Tim penyelamat bergerak dengan cepat, melakukan pencarian dan penyelamatan di antara puing-puing yang berserakan.

Korban Meninggal dan Kerusakan Luas

Gubernur Oklahoma, Kevin Stitt, menyatakan bahwa empat orang tewas akibat tornado di seluruh negara bagian. Dia menggambarkan kerusakan di Sulphur sebagai yang terburuk yang pernah dia lihat selama enam tahun masa jabatannya. Selain itu, ada juga laporan dua korban tewas di kota Holdenville, Oklahoma, termasuk seorang bayi berusia empat bulan. Korban meninggal keempat dilaporkan terjadi di Marietta, Oklahoma, di mana kekuatan tornado diperkirakan mencapai EF-3, dengan angin berkecepatan lebih dari 136 mil per jam.

Baca Juga :   Pertamina Kampanyekan Gaya Hidup Sehat untuk Pegawai

Tanggapan Darurat dan Upaya Bantuan

Gubernur Stitt telah mengumumkan keadaan darurat selama 30 hari untuk mempercepat bantuan bagi wilayah-wilayah yang terkena dampak paling parah. Dia juga telah meminta bantuan dari otoritas federal. Sementara itu, ribuan rumah di Texas dan Oklahoma dilaporkan tanpa listrik, menambah kesulitan bagi para korban yang terkena dampak bencana.

Frekuensi Tornado yang Menakutkan

Wilayah Great Plains memang dikenal dengan kecenderungan seringnya terjadi tornado, terutama pada musim semi. Namun, wabah besar tornado dalam beberapa hari berturut-turut seperti ini adalah kejadian yang sangat jarang terjadi, menurut para ahli meteorologi.

” Baca Juga: Mengenang Perjalanan Panjang Shani JKT48 Sebagai Idol “

Kesimpulan

Bencana tornado yang melanda Great Plains, khususnya Oklahoma dan sekitarnya, telah mengakibatkan kerugian besar dan menelan korban jiwa. Upaya penyelamatan dan pemulihan sedang berlangsung, sementara pemerintah setempat dan federal bersama-sama merespons keadaan darurat ini dengan memberikan bantuan yang diperlukan kepada para korban. Semoga dengan bantuan dan dukungan yang adekuat, komunitas-komunitas yang terkena dampak dapat pulih dan bangkit kembali dari bencana ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.